Just Do It!

Just Do It, sebuah moto, juga pesan yang diungkapkan oleh Nike, perusahaan ambisius asal Amerika, ya Amerika Serikat yang lebih sering kita hujat karena permainan kotornya.
Menurut anda, anehkah saya membahas Nike, disaat semua orang heboh bahas Century, sebuah permasalahan di dunia moneter yang diseret-seret ke ranah politik? Saya pilih iya, dan juga tidak. Pilihan "ya" dipilih karena saya mencoba melawan arus pemikiran di masyarakat, entah itu doktrinisasi, atau buah pemikiran yg dilakukan para provokator, atau juga manusia-manusia oportunis. Kenapa hal itu saya katakan? Karena sekarang sudah jaman edan, dimana mungkin kejujuran masih ada, tapi mudah tenggelam dan hilang entah ke mana karena berbagai macam kepentingan. Dan saya berani mengatakan bahwa saya tidak ikut campur dengan mereka. Mendengar nama Century aja baru saat beritanya heboh. Lagipula untuk apa lagi ikut campur? Saya ini cuma rakyat biasa.
Pilihan "tidak" dipilih karena tentu kita bosan akan kasus itu, yg entah dirancang oleh siapa sehinga prosesnya menjadi lama. Dan mulailah tulisan ini semakin menyimpang dari tujuan saya menulis sekarang.
Nike, sebelumnya bernama Blue Ribbon Sport itu terinspirasi dari perjuangan keras seorang pelari terkenal di jaman 70'an bernama Steve Prefontaine, yang akhirnya difilmkan pada tahun 1998 dengan judul Without Limits. Yang dikisahkan tentang masa hidupnya saat masih muda di Oregon, lalu belajar di University of Oregon dimana ia terus mengasah kemampuannya bersama pelatih legendaris Bill Bowerman, dimana orang yang disebut terakhir tadi bersama Philip Knight mendirikan Blue Ribbon Sports pada 25 Januari 1964, yang terinspirasi oleh perjuangan Steve Prefontaine, dan kebetulan sepatu terakhir yang digunakannya untuk cross country adalah sepatu pertama yang dibuat oleh Bowerman.
Bila anda masih bingung dengan film ini, saya sarankan cobalah menontonnya. And please learn how American people achieve and appreciate the others.
Semoga kita dapat menemukan pesan dan ilmu dari tulisan tak jelas yang satu ini. Dan mari kita simak dua quotes berikut:

"I don't want to win unless I know I've done my best, and the only way I know how to do that is to run out front, flat out until I have nothing left. Winning any other way is chicken-shit." -Steve Prefontaine.

"Running, one might say, is basically an absurd past-time upon which to be exhausting ourselves. But if you can find meaning, in the kind of running you have to do to stay on this team, chances are you will be able to find meaning in another absurd past-time: LIFE." - Bill Bowerman.

Tidak ada komentar: